Reuters: Top News

Friday, August 29, 2008

MENGENAL SEDIKIT POLITIK AMERIKAT SERIKAT

Sejak enam bulan terakhir masyarakat sering mengikuti berita pers tentang kampanye calon presiden Amerika Serikat. Baik di media cetak maupun media elektronik. Dari media terlihat pula , banyak belahan dunia lain seperti Jepang sampai Eropa tertarik mengikuti berita-berita kegiatan politik Amerika Serikat(A.S).Begitulah realitas berlaku, sebagai negara superpower A.S menjadi pusat perhatian Dunia.Hal ini berarti menjadi acuan dan model bagi negara lain dalam banyak hal -khususnya dalam kehidupan berdemokrasi.

Secara tak terelakan banyak pula timbul pertanyaan dari masyarakat, sebagai akibat dari berita-berita dari luar negeri itu. Seperti tentang politik dalam berbagai aspek- kekuasaan (power)dan kekuasaan penuh (the powerful) serta gaya orang Amerika (American style ) Dalam kaitan ini tulisan ini akan memberikan serba -serbi politik A.S , barangkali sebagai "quick study" bagi pembaca.

Sekali berapa pemilihan Presiden di A.S ?
Pemilihan Presiden di A.S dilakukan sekali empat tahun.Pemilihan dilakukan dengan proses bertahap (a) the Primaries,ini pemilihan mini yang diberikan kepada rakyat di setiap negara bagian (state)-waktu inilah rakyat memilih calon Presiden melalui jalur partai. Dengan kata lain disini terjadi lomba calon presiden internal partai Sebagai hasil dari pemilihan tahap primary tampillah sekelompok orang menjadi calon presiden partai. Kemudian satu diantaranya dengan memenuhi kriteria tertentu , ditetapkan sebagai calon presiden melalui komite nasional partai ( b) the Conventions. Setiap partai setelah mengadakan komprensi besar atau konpensi terpilihlah dua calon Presiden, satu calon partai Republik dan satu lagi calon partai Demokrat yang bertarung mengikuti pemilihan terakhir secara nasional (c) The General Election. Ini pemilihan Umum itu sendiri yang akan menentukan siapa Presiden A.S selanjutnya. Pemilihan umum ini dilakukan oleh seluruh bangsa.

Berapa jumlah partai politik utama di A.S ?
Ada dua.Pertama Republik, partai ini dianggap paling konservatif dan simbul partainya adalah Gajah. Partai yang kedua adalah Demokrat, dianggap paling liberal dan simbul dari partainya adalah keledai. Setiap anggota DPR ( Hause Representative) , Senator atau Presiden adalah anggota dari satu partai. Bagaimanapun Presiden tidaklah selalu dari partai mayoritas di cabang legislatif (Congress) Artinya dapat terjadi pada kontek waktu tertentu , misalnya partai Demokrat mayoritas di Kongres, tapi partai Republik mayoritas di Gedung Putih (vise versa)

Apa itu Kongres ?
Kongres adalah perlemen A.S yang terdiri dari dua kamar ( two houses) Yang satu disebutnya "the lower hause" dikenal dengan the Hause of Representattive- seperti DPRI di kita- anggotanya berjunlah 435 orang.Satu lagi disebutnya " the upper hause" dikenal dengan Senat -anggota 100 orang.Seamsal Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di Indonesia.

Dimana anggota Hause dan Senat A.S melakukan kegiatan dan bekerja ? Mereka bekerja di Gedung Parleman A.S yang dikenal sebagai Capitol Hill di Washington.

Siapa yang memilih Kongres ?
Yang memilih angggota parlemen A.S adalah rakyat A.S di setiap negara bagian yang berjumlah 50 (state) jumlah formasi Hause yang dipilih dari setiap negara bagian bervariasi dari satu ke lainnya- sesuai jumlah penduduk. Misalnya Hause dari negara bagian California akan berbeda jumlahnya dari jumlah Hause dari Alaska . Tapi setiap negara bagian memilih dua Senator, jadi ada 100 Senator- Ini seamsal Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di Indonesia. Hause dipilih untu masatugas dua tahun. Sedangkan Senator dipilih untuk masatugas enam tahun.

Dimana Presiden A.S tinggal ?
Presiden A.S tinggal di Gedung Putih ( White Hause ), seamsal "Rumah Gadang" dengan banyak kamar. Gedung Putih memiliki 132 kamar ( room mansion)di Whasington D.C. Alamatnya adalah 1600 Pennsylvania Avenue.

Berapa lama seorang Presiden A.S dapat tingal di Gedung Putih ? Empat tahun , tetapi jika terpilih lagi untuk masa jabatan kedua - ia boleh tinggal empat tahun lagi. Karena Presiden A.S hanya menjabat dua kali masatugas (8 tahun) Apa saja yang dilakukan Presiden A.S ?
Presiden memiliki tiga pekerjaan utama ( three main jobs). Setiap Presiden adalah(a) Pimpinan Pemerintahan seamsal Perdana Menteri atau the Chief Exekutive. (b) Kepala Negara atau the Head of State dan (c) Panglima Tinggi Angkatan Bersenjata ( angkatan darat, laut dan udara ) atau the Commander ini Chief of the army, navy and airforce.

Bentuk Pemerintahan A.S adalah Federal, maksudnya?
Maksudnya adalah Pemerintahan Nasional di Whasington sebagai pembeda dengan Pemerintahan di masing-masing 50 " state"/negara bagian.Apa bedanya? Pemerintahan Federal mengawasi issu-issu yang berdampak keseruhan negeri.Katakanlah di bidang (a)pertahan keamanan
(b) ekonomi dan (c) kebijakan luar negeri. Sedang pemerintahan negara bagian ,mengawasi issu lokal seamsal (1) pendidikan (2) perumahan (3)rumah sakit (4) penjara dan (5) jalan raya.Masing-masing negara bagian , mempunyai kebijakan dan prioritas pemerintahan yang berbeda dari satu ke lainnya.Sesuai dengan keadaan alam maupun sosiobudaya setempat.
Berapa jumlah Presiden A.S sampai sekarang ?
Sudah 43 orang , mulai dari George Washington,John Adams, Thomas Jefferson, James MaddisonJames Monroe sampai George Walker Bush yang empat puluh tiga .

No comments: